Selamat Datang di Web Resmi Pemerintah Desa Kajar Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang  

Ada TMS, Orek-orek, Kasatrian saat Apel Pembukaan Bakti Sosial Tagana Tahun 2022

Maskat | 19 Juli 2022 14:25:47 | Berita Lokal | 94 Kali

Kajar, Taruna Siaga Bencana atau disebut TAGANA mempunyai peran penting dalam mempersiapkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana yang ada. Selama ini TAGANA ada di desa melalui wadah Kampung Siaga Bencana (KSB). Hari ini Pemerintah Kabupaten Rembang mencanangkan Tagana Masuk Sekolah (TMS). Wakil Bupati Rembang Bapak H. Mochamad Hanies Cholil Barro' hadir sebagai pembina apel Bakti Sosial Tagana Tahun 2022 yang diadakan di Desa Kajar Kec. Lasem Kab. Rembang. (Selasa, 19/07/2022).

 

Dalam acara bakti sosial tahun ini ada 4 anak yatim, 4 lansia, dan 2 disabilitas yang menerima bantuan sosial. Selain itu diserahkan pula bibit tanaman secara simbolis. Bambang, sebagai koordinator pelaksana bakti sosial menjelaskan bahwa acara ini dilaksanakan dua hari Selasa dan Rabu, 19 dan 20 Juli 2022. Hari ini apel kesiapsiagaan dan bakti sosial diikuti Taruna dari SMA, SMK, dan MA yang tergabung dalam Tagana Masuk Sekolah (TMS) di kecamatan Lasem dan KSB Melati Desa Kajar. Lebih lanjut Bambang menjelaskan bahwa acara nanti malam hiburan rakyat dan hari Rabu besuk peningkatan kapasitas yang diisi materi simulasi tanggap bencana. 

 

M. Wasiuddin warga Desa Kajar yang juga sebagai anggota KSB Melati mengaku sangat senang dengan adanya acara ini. "Dari awal terbentuk KSB saya masuk dalam anggota, walaupun dulu pernah dilatih namun upaya penyegaran kembali perlu dilakukan agar memberikan semangat baru lagi bagi anggota Tagana", tuturnya. Pak rete panggilan akrap Bapak Wasiuddin yang kebetulan juga sebagai ketua RT ini berharap kegiatan ini bisa memberikan pengetahuan yang cukup terutama bagi anggota tagana dalam menyiapkan diri dalam upaya kesiapsiagaan tanggap bencana. 

 

Acara apel pembukaan bakti sosial ini berlangsung meriah dengan penampilan tari dari putra putri SD Negeri Kajar yang menampilkan Tari Orek-orek dan Tari Kasatrian. Ibu Endang Wati, guru pembimbing Tari dari SD Negeri Kajar saat kami temui menuturkan bahwa hari Senin Bapak Widayat (Kepala Desa Kajar) meminta kepada Kepala Sekolah untuk menampilkan Tari dari anak-anak didik SD Negeri Kajar. "Karena pemberitahuannya mendadak akhirnya sebelum pulang sekolah anak-anak kita gladi untuk persiapaan pentas. Alhamdulillah hari ini anak-anak dapat tampil maksimal", ungkap guru yang akrap dipanggil bu Endang. 

 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung