Selamat Datang di Web Resmi Pemerintah Desa Kajar Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang  

Pelatihan Batik Jumputan

Maskat | 24 Agustus 2022 12:36:16 | Berita Lokal | 79 Kali

Batik Jumputan adalah salah satu variasi hiasan pada kain yang dilakukan melalui proses pewarnaan. Batik di Indonesia memiliki jenis yang sangat bervariasi. Salah satu teknik pewarnaan batik yang bisa digunakan adalah bentuk variasi pembuatan motif dari kain batik. Teknik perwanaan yang dilakukan adalah dengan teknik celup, yang menghasilkan kain terlihat berwarna-warni dan bisa mendapatkan motif yang unik dan bervariasi.

Untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan  PKK Desa Kajar adalah dengan dilaksanakannya Pelatihan Batik Jumputan. Kajar, (24/08/2022).

Pelatihan ini dikuti ibu-ibu anggota PKK, kader kesehatan desa dan ibu RT/RW. Kegiatan ini sebagai upaya memberdayaan wanita melalui kegiatan positif untuk menambah keterampilan baru dalam hal membuat kain batik. Hasil dari pelatihan ini dijadikan seragam masing-masing anggota; yaitu seragam PKK, kader kesehatan, dan ibu RT/RW.

Wahyu Tri Utami sebagai ketua TP PKK Desa Kajar berharap setelah pelatihan ini peserta dapat mengembangkannya secara mandiri maupun kelompok untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

“Setelah pelatihan ini, agar ilmu keterampilan yang didapat melalui pelatihan ini tidak hilang atau lupa, kami harap peserta dapat mempraktikkan secara mandiri atau kelompok dan hasilnya dapat dijual untuk menambah pendapatan keluarga”, harapan Wahyu Tri Utami.

Very tutor atau pelatih batik jumputan ini menjelaskan bahwa pembuatan kain batik jumputan ini dapat dikatakan sangat mudah dan murah.

“Kain polos dipola menggunakan pensil, kemudian dilakukan penjahitan atau dengan cara mengikat dengan karet dengan isian biji-bijian sesuai pola yang dibuat”, katanya.

“Kain batik yang sudah bermotif dengan teknik pewarnaan dapat diperoleh suatu produk berupa baju, tutup meja, selendang yang bermotif menarik”, imbuh Very.

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung